Sekarang ini masih banyak pengguna komputer yang tidak tahu perbedaan antara komputer 32 bit maupun komputer 64 bit. Disini akan dijelaskan perbedaan menyeluruh mengenai sistem Bit ini.

Apa Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit ?

Istilah penggunaan 32-bit dan 64-bit pada komputer mengacu pada kemampuan CPU komputer itu sendiri untuk menangani informasi. Sistem Windows 64-bit menangani informasi yang lebih besar daripada apa yang bisa dilakukan windows 32-bit, contohnya pada saat mengakses Random Access Memory / RAM.

Bagaimana cara mengetahui sistem komputer saya ?

Untuk mengetahui komputer anda menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit, anda bisa mengikuti cara berikut ( khusus windows 7 dan vista ) :
  1. Klik tombol Start, pada My Computer klik kanan, lalu klik Properties
  2. di bawah System, anda bisa melihat sistem komputer anda
khusus untuk yang masih menggunakan Windows XP, ikuti cara berikut :
  1. Klik tombol Start, klik kanan pada My Computer, lalu klik Properties
  2. Jika anda tidak melihat “x64 Versionberarti anda menjalankan komputer dengan sistem 32-bit, namun jika anda melihat “x64 Version” di bawah System, berarti anda menjalankan komputer dengan sistem 64-bit

Ketika menginstall Windows 7, sistem yang mana harus saya gunakan 32-bit atau 64-bit ?

Untuk menginstall Windows 7 berbasis sistem 64-bit, anda harus membutuhkan CPU Komputer yang memang bisa menghandel / mengatur arus informasi yang besar. Jadi komputer yang memiliki RAM 4GB atau diatasnya lah yang cocok untuk menggunakan sistem 64-bit ini, karena 64-bit ini mampu mengatur arus informasi lebih cepat dari pada sistem 32-bit.

Bagaimana saya tau bahwa Komputer saya bisa menggunakan sistem 64-bit atau tidak ?

Untuk memakai sistem 64-bit, processor pada komputer anda harus memiliki kemampuan untuk hal tersebut, Terus jika anda ingin mengetahui apakah processor komputer anda bisa atau enggaknya menggunakan sistem 64-bit. Ikuti cara ini.
Pada Windows Vista atau Windows 7 :
  1. Buka Performance Information and Tools dengan mengklik tombol Start / Picture of the Start button, dan klik Control Panel. pada kotak pencarian, ketikan Performance Information and Tools, lalu, pada daftar hasil pencarian, klik Performance Information and Tools.
  2. Lakukan salah satu dari dua cara berikut:
    • Pada Windows 7, Klik View and print detailed performance and system information.
    • Pada Windows Vista, Klik View and print details.
  3. Di System section, anda bisa melihat sistem komputer apa yang sedang anda gunakan, Dan bisa atau enggaknya komputer anda memakai sistem 64-bit Processor ada disini. (Jika komputer anda sudah menggunakan WIndows 64-bit, anda tidak akan melihat informasi apakah komputer anda mampu atau tidaknya menggunakan 64-bit Processor.)
Pada Windows XP anda bisa ikuti cara berikut :
  1. Klik Start.
  2. Klik kanan pada My Computer, lalu Properties.
    • Jika “x64 Edition” terdaftar di bawah System, Prosesor anda mampu untuk menjalankan sistem 64-bit.
    • Jika anda tidak melihat “x64 Edition”, kemungkinan komputer anda mampu untuk menggunakan sistem 64-bit. tapi untuk memastikanya unduh / download lah program  Windows 7 Upgrade Advisor dari  Windows 7 Upgrade Advisor webpage.

Bisakah saya menggunakan program 32-bit pada komputer 64-bit ?

Kebanyakan program didesain untuk komputer bersistem 32-bit, jadi apabila anda menginstal aplikasi atau program 32-bit pada komputer 64-bit itu bisa – bisa saja alias program 32-bit tersebut bisa digunakan, namun pengecualian untuk program Antivirus.

Device Driver atau Driver sebuah perangkat yang didesain untuk 32-bit, lalu digunakan di komputer dengan sistem 64-bit tidak akan bisa berjalan dengan mulus.

Bagaimana jika sebaliknya ?

program yang didesain atau dibuat untuk komputer 64-bit, tidak akan bisa dipakai pada komputer 32-bit. Kecuali jika anda menggunakan program 32-bit untuk komputer 64-bit seperti keterangan diatas.
Untuk masalah Device Driver atau Driver sebuah perangkat tetep sama, apabila perangkat tersebut didesain untuk processor 64-bit lalu anda gunakan pada komputer 32-bit. Perangkat tersebut tidak akan berjalan dengan sebagai mana mestinya.

Post a Comment

 
Top