Wordpress adalah sebuah Content Management System (CMS) dan Blogging Tool gratis serta terbuka atau open source. Dibuat dan didesain dengan PHP dan Mysql, dan memiliki fitur plugin untuk membuat website seperti yang pengguna inginkan. 

Wordpress awalnya dikembangkan tahun 2003 oleh pendirinya Matt Mullenweg dan Matt Little. Lalu pada tahun 2004 plugin pertama untuk Wordpress dirilis dengan nama " Mingus " Di tahun 2007 kepopuleran Wordpress berkembang pesat karena sifatnya yang open source dan gratis. 

Wordpress terbagi menjadi dua, yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org Perbedaanya ialah Wordpress.com merupakan blogging platform seperti halnya Blogger dan Livejournal, disini pengguna hanya bisa memakai wordpress bersifat terbatas yang artinya hanya bisa mengganti theme tanpa adanya dukungan plugin. Dengan Wordpress.com pengguna bisa membuat sebuah website atau blog dengan mudah dan gratis tanpa memikirkan hal lain seperti biaya hosting, namun tentu saja pengguna tidak bisa memodifikasi website mereka sesuka hati apabila menggunakan Wordpress.com 

Untuk itu Wordpress.org ialah versi lain namun sama, pengguna mendownload script Wordpress dari wordpress.org untuk dipasang di server hosting mereka, bedanya disini pengguna yang menggunakan script Wordpress bisa memodifikasi website mereka dengan sesuka hati dan didukung oleh puluhan ribu plugin yang tersedia. Disisi lain pengguna harus memikirkan untuk mencari hosting dimana tempat mereka memasang website mereka, karena Wordpress.org berarti Wordpress Self Hosted.

Menurut yang tertulis di Wikipedia, Wordpress adalah blogging platform paling banyak digunakan, lebih dari 60 juta website menggunakan script Wordpress. Kelebihan Script ini ialah user interface atau admin panel yang mudah untuk dimengerti dan simpel dibanding script lain seperti Joomla. Ringan dan cepat, dan didukung oleh Puluhan bahkan ratusan ribu plugin dan komunitas membuat Wordpress termasuk salah satu script yang diminati. 




Post a Comment

 
Top