Apa itu Website ?

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.
Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
  1. Website Statis
  2. Website Dinamis
  3. Website Interaktif
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.  

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.  

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.
Lalu kapan anda membutuhkan sebuah website ?
Pengguna Internet semakin hari semakin bertambah banyak, sehingga hal ini adalah potensi pasar yang berkembang terus. Semua orang menggunakan Web untuk segala sesuatu mulai dari pekerjaan sekolah sampai dengan memesan makanan karena prosesnya yang cepat, murah, mudah & menyenangkan. Pada saat ini orang lebih suka mencari informasi tentang suatu produk melalui internet sebelum mengunjungi toko tersebut. Jadi anda membutuhkan sebuah website adalah ketika anda ingin memasarkan produk anda, atau anda memiliki sebuah usaha, entah itu usaha kecil-kecilan, menengah, maupun usaha besar.
Apa yang anda dapat lakukan dengan sebuah website ? Website Anda dapat berfungsi:
  • Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
  • Memberikan pelayanan kepada Customer Anda.
  • Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda.
  • Membagi dan mendistribusi file dan foto.
  • Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun
  • Berkomunikasi dengan pengunjung website anda, dll.
Lalu bagaimana cara memiliki dan membuat website ? Untuk memiliki website anda harus mengerti dulu dengan apa itu hosting, dan juga apa itu domain ? seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, dan ketika anda sudah tau apa itu hosting dan domain, bukanlah sulit untuk memiliki website.

Sekarang, cara membuat website sendiri... bagaimana ?
Anda bisa membuat website dengan berbagai cara, jika anda ingin cara gampangnya anda bisa menyewa web designer untuk membuatkan website sesuai keinginan anda, dan tentunya cara ini tidaklah gratis. Ada cara lain yaitu anda harus mengerti dulu setidaknya anda bisa menggunakan HTML, CSS, dan yang paling teratas PHP ( Hypertext Preprocessor )
Sesulit itukah membuat website sehingga harus membuat / coding sendiri ? Jawabanya Tidak. Anda bisa membuat sebuah website, entah itu website dinamis ataupun interaktif walau anda belum mempelajari HTML, CSS dan sbg... dengan cara menggunakan web script yang sudah jadi. Seperti contoh apabila anda ingin membuat website bertemakan blog, anda bisa menggunakan web script Wordpress, Joomla, b2evolution, dll. Atau anda ingin membuat sebuah forum ? anda bisa menggunakan Web Script Forum gratis seperti SMF, MyBB, dan sbg....

Post a Comment

 
Top