Anda sudah membaca tentang apa itu virus komputer, sekarang kita lanjut untuk mengenali lebih jauh tentang jenis - jenis pada virus komputer, beda jenis atau kategori beda juga tujuan virus tersebut.

Berikut jenis - jenis virus atau malware pada komputer :

Worm
Worm merupakan virus atau malware yang menyebar tanpa interaksi pengguna. Sebagian besar penyebaran virus jenis worm ini dimulai sebagai lampiran email yang menginfeksi komputer ketika dibuka. Worm akan memindai komputer yang terinfeksi untuk mencari file, contohnya buku alamat atau halaman web sementara yang berisi alamat email. Worm menggunakan alamat email tersebut untuk mengirim email yang terinfeksi, dan sering meniru (atau mengalihkan) Alamat "Dari" dalam pesan email sehingga pesan yang terinfeksi tersebut nampak seolah dari seseorang yang Anda kenal. Kemudian worm akan menyebar secara otomatis melalui pesan email, jaringan, atau kerentanan sistem operasi, dan seringnya memenuhi sistem-sistem tersebut sebelum penyebabnya diketahui. Worm tidak selalu merusak komputer, tetapi biasanya menyebabkan masalah komputer dan kinerja jaringan serta stabilitas.

Trojan Horse / Kuda Troya,  
 Kuda troya merupakan program perangkat lunak berbahaya yang bersembunyi di dalam program lain. Program ini memasuki komputer dengan bersembunyi di dalam program yang sah, seperti screen saver atau program lainya. Kemudian dia akan menaruh suatu kode ke dalam sistem operasi yang memungkinkan si pembuat untuk mengakses komputer yang terinfeksi. Trojan Horse ini biasanya tidak menyebar sendiri. Mereka disebar oleh virus, worm, atau perangkat lunak yang diunduh ( makanya hati - hati jika mengunduh / mendownload sesuatu dari internet !.

Spyware, Spyware dapat diinstal ke dalam komputer tanpa sepengetahuan Anda. Program ini dapat mengubah konfigurasi komputer Anda atau mengumpulkan data iklan dan informasi pribadi. Spyware bisa melacak kebiasaan pencarian internet dan juga dapat mengarahkan browser web Anda ke situs-situs yang berbeda dari yang Anda ingin kunjungi.

Rogue / False or fake Antivirus
Nama kode virus ini sebenarnya ialah Rogue, namun juga diketahui dengan fake antivirus atau antivirus palsu, antivirus palsu ini akan berusaha membuat Anda berpikir bahwa komputer Anda terserang virus dan biasanya menyuruh Anda untuk mengunduh atau membeli produk yang menghapus virus. Nama produk ini sering berisi kata-kata seperti Antivirus, Shield, Security, Protection, atau Fixer. Nama-nama itu yang membuat program tersebut terkesan sah atau terkesan memang sebuah antivirus yang akan memproteksi komputer anda. Perangkat lunak itu seringnya berjalan tepat setelah Anda mengunduhnya, atau waktu berikutnya setelah komputer Anda menyala. Perangkat lunak keamanan berbahaya dapat mencegah Anda membuka aplikasi, contohnya Internet Explorer. Perangkat lunak keamanan berbahaya juga dapat menampilkan file Windows yang sah dan penting sebagai terinfeksi. Pesan kesalahan atau pesan pop-up biasanya berisi frasa-frasa sebagai berikut:
Peringatan! Komputer Anda terinfeksi! Komputer ini terinfeksi oleh spyware dan adware.
Jadi untuk menghindari antivirus palsu atau rogue ini, anda disarankan untuk menggunakan antivirus terkenal yang sudah banyak digunakan oleh pengguna saja contoh nya : AVG, AVAST, Kasperky, Bitdefender dll

Rootkit, RootKit adalah suatu software yang dirancang khusus untuk memanipulasi sistem operasi secara langsung ke hardware. Jadi Rootkit ini bertujuan untuk mendapatkan hak atau akses administratif kompter yang di infeksinya. Kebanyakan virus Rootkit ini susah untuk terdeteksi.

Post a Comment

 
Top