Keylogger berasal dari kata keylog, yang merupakan singkatan dari keystroke logging, artinya kegiatan mencatat atau merekam semua aktifitas pada keyboard. Artinya keylogger. adalah alat untuk merekam tombol-tombol mana saja yang ditekan oleh pengguna atau user. Bagaikan pisau bermata dua, keylogger ini bisa dimanfaatkan secara positif tetapi juga sebaliknya. Dampak positifnya, keylogger bisa digunakan oleh orang tua untuk mengawas aktifitas anak saat berkomputer atau sebagai parental control. Sedangkan sisi negatifnya, ia bisa digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung-jawab untuk mencuri password atau data-data penting lainnya tanpa disadari.

Keylogger dibedakan menjadi dua, yaitu keylogger berupa perangkat keras dan keylogger yang berupa software. Keylogger yang berupa perangkat keras biasa berbentuk kamera pengintai atau berupa alat yang dipasang sebagai perantara antara keyboard dan komputer yang terpasang langsung atau dijepitkan pada kabel keyboard. Alat-alat ini akan mendeteksi setiap tombol yang ditekan oleh user. Adapun keylogger berbentuk software merupakan program yang akan berjalan di belakang layar seperti halnya virus, yang mendeteksi setiap input keyboard.  Dalam pembahasan ini, kita akan lebih fokus pada jenis keylogger yang berupa software.

Keylogger ini aplikasi yang cukup banyak bertebaran di Internet, ada yang bersifat berbayar namun ada juga yang bersifat gratis, jika anda mengetikan kata kunci ‘ Keylogger ‘ akan banyak keylogger dengan fitur berbeda yang anda bisa temui, namun tetap tujuan keylogger ialah mengawasi.
Disini anda bisa mengikuti salah satu tips di bawah ini yaitu cara menangkal keylogger.

1. Menggunakan Add-on pada Browser
Menggunakan Add-on pada browser, yang dimaksud ialah menggunakan aplikasi pihak kedua dari browser untuk menghindari Keylogger, seperti add-on yang bisa mengenkripsi ketikan yang dilakukan oleh pengguna seperti halnya add-n KeyScrambel pada Firefox, dan juga pada Google Chrome dan Opera. Adapun aplikasi ini tersedia untuk Desktop

2. Menggunakan On-Screen Keyboard
On-Screen Keyboard artinya ketika anda mengetikan password anda tidak langsung bersentuhan dengan perangkat keras keyboard anda, karenaanda hanya perlu mengetik dengan menggunakan mouse. On-Screen Keyboard atau Keyboard virtual bisa mengelabui Keylogger.  Untuk menjalankan On-Screen, anda tinggal klik Start > [ pada kolom pencarian ] ketikan ‘ keyboard ‘ > click On-Screen Keyboard
3. Menggunakan AntivirusMenggunakan Antivirus semenjak awal anda memakai PC atau berselancar di Internet bisa sangat menguntungkan, karena antivirus sangat menolak adanya keylogger yang dipasang, program antivirus ini akan langsung menghapus keylogger. Tetap diingat bahwa setiap antivirus harus selalu di update untuk memperbarui sistem dan database virusnya.

4. Cara Lain
Ada cara lain yang cukup unik untuk mengelabui program keylogger dalam menangkap password yang anda ketikkan, yaitu dengan mengetikkan huruf-huruf acak di dalam password, lalu kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tersebut. Misalnya password anda adalah “royal”, maka anda bisa menuliskan dua huruf pertama lebih dahulu, yaitu “ro” lalu mengetikkan huruf-huruf acak seperti “ytjhfj234″, lalu disambung lagi dengan sisanya yaitu “yal” dan diakhiri dengan beberapa huruf-huruf acak lainnya seperti “rhgwc7″. Maka yang akan dideteksi oleh keylogger seperti ini: “roytjhfj234yalrhgwc7″. Lalu anda kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tadi dengan cara menyortir lalu menekan tombol DELETE, sehingga tulisannya kembali menjadi “royal”. Cara ini cukup unik namun bisa dijadikan alternatif.

Tapi cara nomor 4 ini tidak akan bisa mengelabui aplikasi Keylogger, apabila keylogger itu bukan hanya mengawasi aktivitas keyboard namun juga aktivitas layar monitor.

Post a Comment

 
Top