Mungkin anda pernah lihat ada kata ' Hosting ' atau ' Domain ' sewaktu anda sedang berselancar di internet, dan anda bertanya - tanya apa sih itu hosting? untuk apa itu? apa yang bisa kita buat disana? dan sama hal nya dengan domain... Nah disini saya akan menjelaskan kepada anda mungkin yang baru di Internet tentang apa itu Hosting dan juga Domain, tapi mengapa saya jelaskan secara bersamaan? dan bukanya secara terpisah? jawabanya adalah karena Hosting dan Domain ialah berhubungan satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan, jadi ibaratnya begini : bahwasanya Hosting adalah rumah anda dan Domain adalah tanah anda ! Nah dibawah akan ada penjelasan singkatnya mengenai Hosting dan juga Domain.
1.a Apa itu HOSTING ?
Hosting adalah suatu wadah, space atau tempat di internet yang orang ( webmaster ) gunakan untuk menyimpan data-data situsnya. Entah situs itu merupakan situs untuk perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan di internet sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu tempat yang disebut dengan Hosting.
1.b Apakah Hosting itu Berbayar atau malah Gratis ?
Hosting itu bisa berbayar dan juga bisa berlabel gratis, mengapa demikian? Ya, karena beda Hosting beda Fasilitas yang ditawarkan. Sekarang ini banyak Hosting yang menawarkan paket gratis di dunia Internet ini, sebut saja 000webhost, idhostinger, 1freehosting dan lain-lain. Lalu Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Hosting berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya begini apabila anda memakai akun atau paket 'gratis' yang anda dapatkan contohnya seperti ini : 2GB Diskspace, 2000GB Bandwith, hanya 2 Mysql akun, hanya 2 Webmail, tidak dapat mengakses penuh SSH dan sbg. Berbeda dengan paket Premium alias 'berbayar' anda akan mendapatkan fasilitas yang jauh lebih banyak dan juga tentunya Diskspace yang lebih besar ! 

1.c Jenis - Jenis Hosting, Apa saja itu ?
Hosting juga memiliki sub-kategori nya sendiri, simak penjelasan dibawah berikut!
Shared Hosting, Apa ini ? 
Shared hosting adalah fitur hosting yang paling banyak diberikan kepada pengguna akun atau paket 'gratis'. Lalu apa pengertianya? jadi begini, fitur ini dinamakan 'shared' atau terbagi dalam bahasa indonya, adalah karena 1 sumber daya atau resources server digunakan bersama - sama dengan pengguna lain di tempat hosting tersebut. Dikarenakan anda berbagi ruang ( space ) dengan pengguna lain, maka sumber daya website yang anda miliki ialah terbatas.
Contohnya begini : si A yang juga pengguna Shared Hosting, memiliki sangat banyak pengunjung, otomatis website si A membutuhkan daya cpu / server yang lebih besar, dan website si A mengambil atau menggunakan banyak space / ruang yang tersedia pada server tersebut, sehingga website lainya dan juga anda menjadi berkurang dayanya seperti : akses lambat, dan lain-lain.
Note : bukan hanya pengguna gratis yang hanya menggunakan Shared Hosting, ada juga pengguna berbayar, hal ini tergantung dari hosting dimana mereka menyimpan websitenya, tapi yang beda dari kedua pengguna tersebut ialah contohnya seperti berikut : pengguna gratis hanya diperbolehkan menggunakan resources CPU sebesar 30% saja, jadi semisal website pengguna gratis menggunakan daya yang lebih besar dari yang ditentukan, maka website pengguna gratis tersebut akan di suspend sementara ( pengalaman sendiri :D ) dan pengguna premium diberikan 70% Resources CPU. Hal yang sama juga berlaku pada pengguna premium, namun tampaknya pengguna premium ini hampir tidak pernah kena suspend, karena memiliki daya yang lebih banyak.
VPS ( Virtual Private Server ) 
Adalah paket webhosting dimana ruang spacenya jauh lebih tinggi dari pada paket shared hosting, dimana di VPS, satu server digunakan secara bersama-sama Namun, jumlah penggunanya di batasi! dan setiap penggunanya memiliki sistem operasi virtualnya dan juga diskpace yang sendiri - sendiri. Jadi jika anda adalah pegguna VPS, anda tidak perlu khawatir sumber daya anda akan tersedot sama pengguna lain.
Note : Karena fitur ini jauh lebih bagus dari pada shared hosting, maka biayanya pun juga lebih mahal
Dedicated Server ( Dedicated Hosting ) 
Adalah tingkat hosting dimana 1 Server hanya dimiliki 1 pengguna saja ! ( bisa juga dua atau tiga, tergantung dari yang menggunakan Dedicated Server tersebut ). Anda sebagai pengguna paket ini berhak mengajukan spesifikasi server / resources yang anda inginkan.
Kapan harus menggunakan Dedicated Server ini? Anda bisa menggunakan Dedicated Server ini pada saat anda memiliki pengunjung yang sangat banyak, apalagi jika website anda memiliki kebutuhan untuk download dan upload.

Post a Comment

 
Top