firefox logo

Untuk para pengguna internet pasti tau produk - produk Mozilla, seperti Mozilla Firefox, Mozilla Thunderbird dan lain - lain. Dimana semua produk Mozilla ialah berisfat Open Source {Terbuka} dan juga Free {Gratis.} Sebut saja Mozilla Firefox produk unggulan mereka yang didukung oleh berbagai pihak yang mendukung Firefox mulai dari Testing, Coding, Web Development, Visual Design, Localization dan Translation, dan lain - lain. 

Tapi tahukah anda di samping para sukarelawan yang mendukung kesempurnaan dan jalanya Mozilla Firefox, ada programmer, business data analyst, IT Engineering, Security Engineering, UI Designer dan posisi pekerjaan lainya yang digaji puluhan ribu dollar tidak beda dengan perusahaan komersial lain sekelas Oracle, Google, Yahoo, Microsoft. Disamping itu Mozilla juga menerapkan ' fun at work ' seperti perusahaan teknologi multinasional lainya, yaitu pegawai dapat makanan ringan gratis, asuransi kesehatan, asuransi lainya, ada ruangan bermain semisal bermain PS4 dan Xbox. 

Perusahaan yang bersifat terbuka dan lebih dikenal sebagai Yayasan { Mozilla Foundation } kok bisa seperti itu? Diliat dari produk Mozilla Firefox saja mereka tidak ada menyisipkan iklan, darimana pendapatan mereka berasal ? 

Pendapatan mereka berasal dari sebuah perusahaan Mesin Pencari terkenal, yang membuat kesepakatan dan membayar Mozilla 300 Juta US$ setiap tahun. Keuntungan apa yang Mozilla berikan kepada Google ? 

Pernahkah anda sadar bahwa setiap anda membuka broswer Mozilla Firefox, pada halaman awal Firefox { about:home } terdapat Mesin Pencari default { bawaan } dari Google ? 

halaman awal firefox
Klik disini untuk memperbesar
Mozilla sepakat untuk meletakan dan memasang Google sebagai mesin pencari bawaanya, bukan hanya di halaman awal, namun juga di kotak mesin pencari bagian kanan atas, Google lah nomor satu baru diurutan kedua ada Yahoo, urutan ketiga ada Bing, dan seterusnya... 

Lalu apa yang didapatkan Google? Juga keuntungan, karena tidak semua pengguna internet menggunakan Google Chrome dan pengguna Mozilla Firefox pun terhitung sangat besar sehingga merupakan keuntungan sendiri pengguna firefox tersebut menggunakan google untuk mencari sesuatu di internet. 


Post a Comment

 
Top