Apa itu Wikipedia ? 

Mengapa di waktu sekarang ini hal atau sesuatu yang bernama Wikipedia itu sangat dibutuhkan apalagi untuk para pelajar yang sedang ingin menyelesaikan tugas PR-nya ?

Wikipedia adalah sebuah situs atau website di internet yang menyajikan berbagai hal informasi dari banyak kategori, entah itu kategori internet, komputer, digital, kesehatan, biologi dan banyak lagi. Karena artikel wikipedia yang sangat banyak dan memiliki keakuratan mendekati aslinya, Wikipedia selalu muncul di halaman pertama Search Engine ketika kalian mengetikan kata - kunci.

Wikipedia ini merupakan proyek ensiklopedia multibahasa yang artinya Wikipedia ialah ensiklopedia yang tersedia dalam berbagai bahasa di dunia. Wiki berarti ' Cepat ' dan Pedia berarti ' Ensiklopedia ' Situs ini dibuat dalam jaringan terbuka dan bebas yang artinya siapapun dapat membuat artikel dan berkontribusi untuk situs tersebut.

Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Slanger pada tahun 2001 sebagai proyek sampingan NuPedia, ensiklopedia terbuka yang ditulis oleh para ahli. Namun karena ide dari Larry Slanger untuk membuat Wikipedia ini menjadi bebas dan terbuka untuk siapa saja yang menulis atau berkontribusi, akhirnya Wikipedi resmi diluncurkan. Setelah Wikipedia resmi diluncurkan, NuPedia pun berubah menjadi Wikimedia. Kira-kira umur Wikipedia ini sudah hampir 14 tahun !
Apakah Anda Tahu ? 
  • Wikipedia memiliki server di beberapa negara diantaranya  : Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan juga ada beberapa server yang mereka numpang di 'Yahoo'
  • Wikipedia ialah website satu - satunya di Internet yang memiliki banyak visitor namun bebas Iklan, karena itu hampir setiap tahunya Wikipedia meminta sumbangan dari para pembaca dan donatur, alasan Jimmy Wales untuk tidak memasang iklan ialah " Tidak seharusnya ada iklan pada situs untuk pengetahuan "
Link : Wikipedia | Wikipedia Indonesia 

Post a Comment

 
Top